Beauties, apakah kamu seorang beauty enthusiast? Saat ini, industri kecantikan terus mengalami peningkatan yang signifikan, tak terkecuali di Indonesia. Bisa kita lihat, semakin banyak brand kecantikan lokal yang hadir dan siap menjawab kebutuhan para konsumen di Indonesia.
Di tengah masifnya pertumbuhan industri kecantikan, beauty content creator menjadi sosok yang dicari kehadirannya. Para beauty content creator ini biasanya akan mengulas dan mencoba produk kecantikan terbaru hingga memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kecantikan melalui berbagai platform media sosial.
Selain bisa menyalurkan hobi, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dengan menjadi beauty content creator, lho! Berikut ini beberapa trik membuat konten untuk beauty content creator yang bisa kamu coba!
Membuat Konten Out of The Box
Sudah tak terhitung ada berapa banyak konten yang kini beredar di media sosial, mulai dari X (dulu Twitter), Instagram, YouTube, hingga TikTok. Di antara banyaknya konten yang beredar, kamu harus berani untuk menciptakan konten yang berbeda atau out of the box.
Tak hanya itu, konten yang kamu buat juga harus bisa menjawab rasa penasaran audiensmu, Beauties. Menurut Brand Partnerships Lead TikTok Indonesia Hanny Sanjaya, salah satu perilaku pengguna TikTok adalah mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Oleh karena itu, konten yang bisa menjawab rasa penasaran mereka sangatlah penting.
“Pengguna TikTok ini curious, jadi cobalah untuk bikin konten yang bisa menjawab rasa penasaran dan ingin tahu mereka,” ungkap Hanny dalam acara Female Daily Future of Beauty Summit 2024 di The Westin Jakarta, Senin (26/2).
“Contohnya, brand fashion bikin konten berdasarkan body shape, jelasin soal body shape. Dari konten ini mereka bisa memberikan pengetahuan baru. Kemudian audience atau customer berpikir, ‘Oh, brand ini insightful ya, connect with me‘, sehingga bisa membangun trust dan rasa ingin tahu mereka terpenuhi, ada story tellingnya juga,” papar Hanny.
Sesuaikan dengan Platform Media Sosial
Saat ini ada begitu banyak pilihan platform media sosial untuk berkreasi. Mulai dari Instagram, X (dulu Twitter), Instagram, YouTube, hingga TikTok. Jika kamu baru memulai karier sebagai beauty content creator, kamu bisa fokus pada salah satu media sosial terlebih dahulu dan mempelajari karakteristiknya.
Jika kamu suka membuat konten review produk atau tren kecantikan dalam format video durasi panjang, mungkin kamu bisa mempertimbangkan menggunakan YouTube. Jika kamu suka membuat video pendek kreatif, kamu bisa mencoba Instagram atau TikTok.
Female Daily Future of Beauty Summit 2024 di The Westin Jakarta, Senin (26/2)./ Foto: Beautynesia/Nadya Quamila |
“Sesuaikan sama platform. Jika suka menulis pendek, bisa coba Instagram dengan format carousel. Kalau suak review bisa di YouTube, atau short video bisa di TikTok,” ungkap Editor in Chief Female Daily Arinda Christi di kesempatan yang sama.
Arinda juga memaparkan bahwa sejak pandemi, pengguna media sosial cenderung jadi lebih suka mengonsumsi video-video berdurasi pendek. Hal tersebut juga diakui oleh Beauty Content Creator Nathanie Christy.
“Dulu awalnya aku suka bikin konten di YouTube, isinya video review panjang gitu. Sejak pandemi, suka nonton video dengan durasi pendek,” ungkapnya.
Menggunakan Konsep Story Telling
Konsep story telling atau bercerita memang banyak digemari pengguna media sosial. Hal tersebut juga diterapkan Nathanie.
“Awalnya dulu aku di YouTube suka bikin konten rewview, dan jatuhnya kadang terlalu hard selling. Sekarang, aku bikinnya conceptual video. Ada story line tertentu, kemudian dikaitkan sama brand atau produk kecantikannya,” ujar Nathanie.
“Jadi aku bercerita dulu, dan cerita ini mungkin bisa relate sama audience aku juga, kemudian baru aku share soal produknya. Dikemas dengan estetik, nggak terlalu banyak omong, fokus ke visual,” papar Nathanie.
Nathanie juga memberikan tips saat membuat konten, yaitu tidak menunjukkan produk yang ingin ia review di awal video.
“Kasih hook dulu 5 detik, dan aku nggak langsung kasih lihat produknya di awal. Karena kalau kita udah spill produknya di awal, audience jadi nggak tertarik, dan nggak bikin penasaran,” ungkapnya.
Berinteraksi dengan Audiens
Selain menggunakan konsep story telling, Nathanie juga mengingatkan pentingnya berinteraksi dengan audiens di media sosial.
“Misalnya, nih, aku suka nanya ke audience aku kayak, ‘eh, bantu pilihin lipstick aku hari ini, dong’, jadi selain bercerita, aku juga berusaha engage audiens,” paparnya. “Aku berusaha membawa mereka masuk ke sebagian kehidupan aku, jadi rasanya seperti berteman.”
Nathanie juga kerap membalas komentar-komentar yang ada di kontennya.
“Satu jam pertama balasin komen harus dibalas, engage sesering mungkin. Ini bisa bantu video kita akan muncul di home page mereka,” ungkapnya.
Bagaimana Cara Membuat Konten Jadi FYP di TikTok?
Jika kamu pengguna TikTok, kamu pasti tidak asing dengan istilah “FYP” atau “For Your Page”. FYP adalah halaman pertama yang dibuka pengguna saat membuka aplikasi TikTok.
FYP setiap pengguna tentu berbeda-beda, tergantung jenis konten yang biasa dikonsumsi. Jadi, apa yang sedang viral di satu pengguna, belum tentu akan viral pula di pengguna lain. Setiap pengguna memiliki FYP-nya masing-masing.
Tidak ada rumus baku untuk membuat konten menjadi viral. Namun, menurut Hanny, ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk membuat konten kita menjadi viral di audiens kita.
“Pertama, make sure apakah konten yang dibuat bisa menjawab rasa penasaran orang, atau bahkan hal-hal yang orang sebelumnya nggak tahu,” ujar Hanny.
“Lalu, be authentic dan sincere. Make it emosional, buatlah konten itu seolah-olah sedang berbicara dengan audiens. Dan jangan lupa juga masukkan komponen story telling,” lanjutnya.
Tidak kalah penting, sebelum membuat konten, cobalah tanya kepada diri sendiri, apakah kita akan menonton konten tersebut atau tidak.
“First thing first, do we want to watch it? Tanya diri ke sendiri, useful apa tidak konten ini,” tutup Hanny.
Itulah beberapa tips menjadi beauty content creator. Selamat mencoba, Beauties!
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!
(naq/naq)